Rabu, 05 November 2014

Materi GTO Kelas X Penyajian Gambar 2

2.1.3. Proyeksi Ortogonal

Proyeksi ortogonal adalah gambar proyeksi yang bidang proyeksinya mempunyai sudut tegak lurus terhadap proyektornya. Garis-garis yang memproyeksikan benda terhadap bidang proyeksi disebut proyektor. Selain proyektor tegak lurus terhadap bidang proyeksinya juga proyektor-proyektor tersebut sejajar satu sama lain. Contoh-contoh proyeksi ortogonal dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

1.    Proyeksi ortogonal dari sebuah titik


2. Proyeksi ortogonal dari sebuah garis


3. Proyeksi ortogonal dari sebuah bidang


4.  Proyeksi ortogonal dari sebuah benda



2.1.4. Proyeksi Pandangan
Proyeksi Eropa dan Amerika merupakan proyeksi yang digunakan untuk memproyeksikan pandangan dari sebuah gambar tiga dimensi terhadap bidang dua dimensi.

1. Proyeksi Eropa
Proyeksi Eropa disebut juga proyeksi sudut pertama, juga ada yang menyebutkan proyeksi kuadran I, perbedaan sebutan ini tergantung dari masing pengarang buku yang menjadi refrensi. Dapat dikatakan bahwa Proyeksi Eropa ini merupakan proyeksi yang letak bidangnya terbalik dengan arah pandangannya (lihat Gambar 2.15).



2. Proyeksi Amerika
Proyeksi Amerika dikatakan juga proyeksi sudut ketiga dan juga ada yang menyebutkan proyeksi kuadran III. Proyekasi Amerika merupakan proyeksi yang letak bidangnya sama dengan arah pandangannya (lihat Gambar 2.16).







2 komentar:

  1. Malam Pak. Penyajian materi pelajaran melalui cara seperti ini Cukup menarik ya pak. karena Dibacanya itu tidak membosankan, disamping itu juga' Bisa dilihat dari mana saja pak. Materinya juga cukup simple, Trima kasih ya Pak' Karena cara penyampaian Materinya dilakukan dengan cara seperti ini. Berarti, Materi2 kedepan juga Lewat Blog ini ya pak ? Jadi nyaman belajarnya pak. Makasih ya pak Rian, Hehe

    BalasHapus
  2. Harrah's Hotel & Casino - Mapyro
    777 서산 출장마사지 Harrah's Blvd Harrahs Blvd, Harrah's, NV 89109. Directions 안양 출장마사지 · (775) 547-3100. Call Now · More Info. Hours, Accepts Credit Cards, 계룡 출장마사지 Wi-Fi, PokéStop  상주 출장마사지 Rating: 4 · ‎1,955 votes · ‎Price 보령 출장마사지 range: $$$$

    BalasHapus